MENJADIKAN MOZILA SUPER CEPAT

Triks Menjadikan Mozilla Firefox Secepat Kilat

Secara umum Firefox sendiri sudah mendapatkan rekor tentang software browser di download terbanyak baca disini. Selain itu Firefox memiliki kinerja yang melampaui IE, tetapi dengan sedikit sentuhan dan pengaturan yang tepat Anda bisa membuatnya 2x lebih cepat lagi hanya dalam waktu 5 menit saja. Ikutilah trik-trik di bawah ini.

 

ketik “about:config” pada kotak alamat surel mozilla ;

  1. network.http.pipelining  ubah false menjadi true
  2. network.http.proxy.pipelining  ubah false menjadi true
  3. network.dns.disableIPv6 ubah  false menjadi true
  4. network.http.max-connections ubah nilai nya jadi ‘64’
  5. network.http.max-connections-per-server ubah nilai nya jadi ‘21’
  6. network.http.max-persistent-connections-per-server ubah nilai nya jadi  ‘8’    
  7. network.http.pipelining.maxrequests ubah nilai nya jadi ‘100’

1. Aktifkan Pipelining

Biasanya browser bekerja dengan mengirimkan permintaan kepada server dan menunggu respon sebelum melanjutkan proses. Pipelining adalah sebuah teknik lebih agresif yang memungkinkan browser untuk mengirimkan beberapa permintaan sekaligus sebelum menerima respon apapun untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh isi halaman. Untuk mengaktifkan fungsi ini ketik “about:config” pada kotak alamat, klik-ganda pada “network.http.pipelining” dan “network.http.proxy.pipelining” agar nilainya berubah menjadi “true” kemudian klik-ganda pada “network.http.pipelining.maxrequest” dan jadikan nilainya “8”.Culas

Perlu diingat bahwa beberapa server tidak melayani pipelining. Jadi, ada kemungkinan kalau pengaturan ini justru memperburuk kinerja. Atur kembali semuanya seperti pengaturan awal jika memang terjadi masalah.Perimaho

2. Render dengan Cepat

Situs yang besar dan rumit bisa memakan waktu untuk diunduh. Firefox tidak ingin membuat Anda menunggu, jadi dengan pengaturan standar Firefox akan langsung menampilkan apa yang ia terima setiap 0,12 detik. Walaupun hal ini membuat browser terkesan lebih cepat, rendering ulang yang dilakukan terus menerus meningkatkan waktu total yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman, kita dapat mengurangi jumlah rendering ulang untuk meningkatkan kinerja.

Ketik “about:config” dan tekan [ENTER], kemudian klik kanan pada tampilan utama dan kemudian pilih “New > Integer”. Ketik “content.notify.interval” sebagai nama preferensi Anda, klik “ok”, masukkan “500000” (500 ribu) dan klik “ok” kembali.

Klik kanan lagi pada tampilandan pilih “New > Boolean”. Kali ini buat nilai disebut “content.notify.ontimer” dan atur menjadi “True” untuk menyelesaikan tugas Anda.

3. Loading Lebih Cepat

Jika Anda tidak menggerakkan tetikus atau menyentuh keyboard selama 0,75 detik, Firefox akan masuk ke dalam mode “low frequency interrupt” yang artinya interface-nya menjadi kurang responsif tetapi bisa me-load halaman lebih cepat.Piktor

Ketik “about:config” dan tekan [ENTER], klik kanan pada tampilan dan pilih “New > Integer”. Ketik “content.switch.threshold”, klik “ok”, masukkan “250000” (seperempat detik) dan klik “ok” untuk menyelesaikan.

4. Tidak Ada Interupsi

Anda bisa melakukan langkah lebih jauh dengan memberitahu Firefox untuk sama sekali mengabaikan user interface events sampai halaman selesai diunduh. Memang cara ini agak ekstrim karena Firefox bisa menjadi tidak responsif selama beberapa waktu, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba apakah efeknya positif untuk Anda.

Ketik “about:config”, tekan [ENTER] dan klik kanan, pilih “New > Boolean”. Ketik “content.interrupt.parsing”, klik “ok”, atur nilainya menjadi “False” dan klik “ok”.

5. Blokir Flash

Animasi flash yang mengganggu terdapat di mana-mana, muncul menimpa isi halaman situs yang ingin Anda baca atau lihat dan memperlambat browsing. Untungnya ada solusi yang sangat mudah. Instalasikan ekstensi “Flashblock” (flashblock.mozdev.org) dan ia akan memblokir semua pernak-pernik Flash ketika loading agar situs ditampilkan lebih cepat. Jika Anda menemukan tampilan Flash ingin Anda lihat cukup klik pada tempatnya untuk mengunduh dan melihat tampilannya dengan normal.

6. Tingkatkan Ukuran Cache

Ketika berselancar Firefox akan menyimpan gambar dan skrip pada memory cache lokal di mana Anda bisa mempercepat pengambilan data jika mengunjungi situs yang sama kembali. Jika Anda memiliki RAM yang besar (2GB atau lebih), biarkan Firefox berjalan lebih lama sehingga mengunjungi kembali halaman-halaman situs akan lebih cepat, terutama dengan cache yang besar.

Ketik “about:config” dan tekan [ENTER], kemudian klik kanan dan pilih “New > Integer”. Ketik “browser.cache.memory.capacity, klik “ok”, masukkan “65536” dan klik “ok”, kemudian “restart” browser untuk mendapatkan cache yang baru dan lebih besar.

7. Aktifkan TraceMonkey

TraceMonkey adalah engine Javascript baru dari Mozilla yang super cepat, dalam beberapa benchmark bahkan mencetak nilai 40x lebih besar dibandingkan versi saat ini. Tracemonkey mungkin saat ini memang dalam tahap pengembangan dan masih sedikit buggy, tetapi jika Anda berkeberatan menggunakan perangkat lunak dalam tahap pengembangan, dapatkan nightly build terbaru dari (ftp://ftp.mozilla.org/pub/firefox/nightl…t-trunk/). Versi beta pertama Firefox 3.1 juga dijadwalkan untuk dikeluarkan bulan ini juga.

Ketik “about:config” pada kotak alamat dan tekan [ENTER]. Ketik “JIT” pada kotak filter, lalu klik ganda “javascript.options.jit.chrome” dan “javascript.options.jit.content” untuk mengubah nilainya menjadi “true”. Selamat!, kini Anda telah menggunakan engine Javascript mutakhir Firefox.

8. Kompres Data

Jika Anda memiliki koneksi internet lambat, mungkin Anda merasa bahwa Firefox tidak berkinerja baik. TItu tidak sepenuhnya benar! Instalasikan toonel.net dan aplikasi Java ini akan mengambil alih trafik internet Anda melalui server-nya sendiri. Semua data yang melalui server Toonel lalu dikompres sehingga data yang perlu diunduh browser lebih sedikit.

Bahkan, Toonel juga bisa mengompres gamar JPEG, tetapi tentunya berdampak pada penurunan kualitas gambar. Tips ini berguna untuk memangkas jumlah data yang dikirimkan, bermanfaat jika memiliki akun internet yang terbatas per bulan atau saat menggunakan koneksi internet yang lambat seperti GPRS.

 Kemudian   :

  1. Klik kanan - Pilih new - integer - Ketik "content.max.tokenizing.time" -  Masukan dengan nilai "1000000"
  2. Klik kanan - Pilih new - integer - Ketik "content.notify.interval" -  Masukan dengan nilai "500000" 
  3. Klik kanan - Pilih new - integer - Ketik "content.notify.backoffcount" -  Masukan dengan nilai "5"
  4. Klik kanan - Pilih new - integer - Ketik "content.switch.threshold" -  Masukan dengan nilai "500000"
  5. Klik kanan - Pilih new -integer - Ketik "nglayout.initialpaint.delay" – Masukan dengan nilai "0"
  6. Klik kanan - Pilih new - boolean - Ketik "content.interrupt.parsing" - Pilih  "true" - Klik Oke
  7. Klik kanan -  Pilih new - boolean - Ketik "content.notify.ontimer" -  Pilih  "true" - Klik Oke 
cara mempercepat internet
 Contohnya key network.http.max-persistent-connections-per-server tidak ada, Maka Caranya klik kanan terus pilih new → Pilih Integer, kemudian isi sesuai nilainya.

Terakhir jangan lupa hapus riwayat, Clear history, cek stelan mozilla.

Clear Recent History –  terakhir klik “Clear Recent History”. Jika mau yang lebih mudah tanpa harus repot maka cukup tekan via keyboard Ctrl + Shift + Delete maka otomatis akan muncul pilihan jangka waktu riwayat yang akan dibersihkan.

4 komentar:


  1. 6. Gunakan Windows Update untuk menginstal sebuah perbaikan dari Microsoft
    Bagian ini hanya berlaku untuk Windows 7 atau Windows Server 2008 R2.

    Microsoft telah merilis rekomendasi pembaruan KB2505438 untuk perbaikan kinerja startup lambat di Firefox ketika HW percepatan diaktifkan. Untuk memastikan, Anda memiliki update yang harus diinstal:

    Pada Windows, klik Small Vista Logo , Pilih All program, kemudian pilih Windows Update. Jendela Windows Update akan terbuka.
    Klik “Check for update” link dan menunggu sampai hal itu dilakukan.
    Jika tidak ada update yang tersedia, Anda telah memiliki pembaruan KB terinstal. Loncat ke bagian berikutnya.
    Klik “n Optional update yang tersedia”. The View tersedia update panel akan muncul.
    Klik “Opsional” dan mencari KB2505438 dalam daftar.
    Jika Anda tidak menemukannya, Anda telah memiliki pembaruan KB terinstal. Loncat ke bagian berikutnya.
    Periksa dan klik OK untuk menutup panel Lihat tersedia update.
    Klik Instal pembaruan.
    Restart komputer Anda.
    Mulai Firefox dan periksa apakah itu lebih cepat.

    Ref: Support Mozilla

    BalasHapus
  2. Caranya sangat mudah, simak baik-baik langkahnya dibawah :

    Langkah pertama download dulu FirefoxPreloader sebagai toolnya, untuk mendownloadnya Klik DISINI .
    Langkah kedua menginstall FirefoxPreloader.exe, kalau kamu sudah mendownloadnya, buka hasil download tadi, yaitu FirefoxPreloaderSetup.exe, klik kiri dua kali, lihat gambar dibawah :

    firefoxpreuploadersertup.png

    Maka akan terterbuka Firefox Preloader Setup Wizard , kemudian klik "Next" seperti gambar dibawah :

    firefox-preloader-setup1.png

    Beri tanda pada "I accept the agreement," dan klik "Next,"

    firefox-preloader-setup2.png

    Pilih folder penyimpanan pada "Browse" atau biarkan apa adanya, kemudian klik "Next,"

    firefox-preloader-setup3.png

    Pilih penginstalan dengan "Full Installation," kemudian klik "Next,"

    firefox-preloader-setup4.png

    Kemudian klik "Next,"

    firefox-preloader-setup5.png

    Jangan lupa beri tanda centang pada "Launch Firefox Preloader at Windows Starup" agar Firefox Loader selalu running pada setiap kita membuka Windows, kemudian klik "Next,"

    firefox-preloader-setup6.png

    Apabila semua pengaturan yang kita buat sudah terbaca untuk dapat diinstall, kemudian klik "Install,"

    firefox-preloader-setup7.png

    Proses penginstallan pun berjalan. Apabila penginstallan sudah komplit, biarkan tanda centang apa adanya, kemudian klik "Finish,"

    firefox-preloader-setup8.png

    Sampai disini, penginstallan sudah selesai, biasanya akan muncul tampilan ReadMe.txt. "Close" aja apabila kamu gak mau membacanya,

    firefox-preloader-setup9.png

    Langkah berikutnya adalah melakukan pengaturan pada Firefox Preloader.

    Caranya buka Firefox Preloader dengan klik kanan pada icon Firefox Preloader yang berada pada pojok kanan bawah tampilan dekstop komputer/laptop kamu, lihat tanda panah merah pada gambar :

    iconfirefoxpreloader1.png
    atau kalau icon Firefox Preloadernya tidak terlihat , kamu buka icon segitiga berwarna putih pada pojok kanan bawah tampilan dekstop komputer/laptop kamu, lihat tanda panah warna merah pada gambar :
    iconfirefoxpreloader2.png

    Kalau pada saat installasi kamu tidak lupa memberi tanda centang pada "Launch Firefox Preloader at Windows Starup," seperti yang telah disebutkan pada langkah installasi diatas, maka icon Firefox Preloader biasanya akan terlihat. Akan tetapi apabila kamu lupa memberi tanda centang tersebut, maka icon Firefox Preloader biasanya tidak muncul, karena Firefox Preloadernya belum Running... Maka kamu dapat membuka Firefox Preloadernya melalui menu Windows klik "Start," kemudian pilih "All Program" dan cari "Firefox Preloader". Apabila sudah ketemu filenya, kemudaian buka.
    Atau kalau tidak, kamu juga bisa membuka Firefox Preloadernya di folder : Komputer >> SYSTEM (Csmile >> Program Files >> FirefoxPreloader, lihat gambar :

    programfilepreloader1.png

    Kemudian klik "FirefoxPreloader," maka akan tampak seperti gambar dibawah :
    programfilepreloader2.png
    Kemudian buka FirefoxPreloader.exe, dengan cara klik kiri dua kali, biasanya icon Firefox Preloader akan muncul dibagian pojok kanan bawah tampilan dekstop komputer/laptop kamu.

    Sekarang saatnya melakukan pengaturan pada Firefox Preloader, caranya klik kanan pada icon Firefox Preloader, kemudian pilih "Preloader Options..." akan muncul seperti gambar dibawah.

    Beri tanda "Centang" pada "Automatically find Firefox," kemudian klik "OKE,"
    preloaderoptions.png


    Selesai sudah semua langkah untuk mempercepat proses saat membuka browser Mozilla Firefox. Sekarang coba kamu buka browser Mozilla Firefox kamu, klik dua kali pada icon browser Mozilla Firefox kamu yang terdapat pada tampilan dekstop...
    daannn,,,,,,,....... tarrraa.....
    dalam dua s/d tiga detik saja browser Mozilla Firefox kamu dapat terbuka, dan sudah dapat digunakan untuk berselancar didunia maya.

    Salam sukses.

    BalasHapus
  3. link prefox loader klik : https://www.tusfiles.net/n18ddh8rrc6q

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih masukannnya semoga bermanfaat

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung... Sukses buat Anda.